Lainnya

Semangat Asian Games 2018

02/08/2018

Asian Games merupakan pesta olahraga terbesar di Asia yang digelar setiap empat tahun sekali. Asian Games pertaman kali digelar pada tahun 1951 di New Delhi, India. Tahun ini Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah dalam pesta pergelaran Asian Games 2018 yang akan berlangsung dari tanggal 18 Agustus sampai dengan 02 September 2018 yang lokasinya didua kota yaitu Jakarta dan Palembang.

Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi rakyat Indonesia karena pada Asian Games kali ini Indonesia  menjadi tuan rumah dalam perhelatan pesta olahraga Asia untuk kedua kalinya. Sebelumnya Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah untuk kali pertama yang digelar 56 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1962 di Jakarta. Pada Asian Games kali ini ada 3 maskot yang digunakan yaitu Bhin Bhin, Atung dan Kaka.

  • Bhin Bhin, merupakan seekor burung Cendrawasih yang merepresentasikan “strategi”.

    Asian Games 2018
    Bhin Bhin
  • Atung, merupakan seekor rusa Bawean yang merepresentasikan “kecepatan”.

    Asian Games 2018
    Atung
  • Kaka, merupakan seekor badak bercula satu yang merepresentasikan “kekuatan”.

    Asian Games 2018
    Kaka

Ketiga maskot ini terinspirasi dari keberagaman dan kesatuan kita sebagai bangsa Indonesia.

Saat ini sedang berlangsung semarak kirab obor Asian Games 2018, telah melewati beberapa daerah yang ada di Indonesia. Mengelilingi tujuh pulau, 18 provinsi dan 54 kota di Nusantara yang akan menjadi titik persinggahan. Api Asian Games yang melambangkan semangat dan gelora prestasi itu ditandai dengan penyulutan pertama di Stadion Nasional Mayor Dhyan Chand, New Delhi, India, tempat api Asian Games selama ini tersimpan. Kemudian api dibawa ke Jogyakarta dengan menggunakan pesawat Hercules 737. Api tersebut dipadukan dengan api abadi Indonesia asal Mrapen, Jawa Tengah pada tanggal 17 Juli di Candi Prambanan, Jawa Tengah. Nah, suatu kebanggaan tersendiri juga buat saya karena pada tanggal 28 Juli kemarin acara #TorchRelay2018 dilaksanakan ditanah kelahiran saya (cciiieeeeee) Kabupaten Bulukumba, Sulawasi Selatan. Obor Asian Games 2018 dikirab lewat darat sepanjang jalan Bulukumba kemudian lewat laut dan dibawa dengan menggunakan 3 Kapal Pinisi serta dikawal 45 sampan sampai ke Tanjung Bira yang merupakan tempat penyambutan Obor Asian Games 2018 dalam Festival Torch Relay.

Tidak terasa pelaksanaan Asian Games 2018 tinggal beberapa hari lagi. Mari kita sama-sama sukseskan Asian Games 2018, dimana pesan ini juga disampaikan oleh Presiden kita Bapak Joko Widodo yaitu “Sukses persiapannya, sukses penyelenggaraannya dan sukses prestasinya”. Tidak lupa juga kita tetap dukung dan terus doakan semoga para Atlet kita yang mewakili Indonesia bisa mengukir prestasi yang membanggakan bagi bangsa dan negara kita tercinta “INDONESIA”. Aamiin.

#AsianGames2018

Author Bio

Andi Nurfauzan

I am Buginese

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply