Wisata

Santai di “Lombok”

23/12/2017

Dalam bahasa suku Sasak “Lombok” artinya lurus bukan Cabe apalagi Cabe-cabean. Lombok terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat – Indonesia. Kebetulan perjalanan saya dan teman-teman menggunakan sepeda motor lewat laut berangkat dari pelabuhan Padang Bai Bali menyebrang ke pelabuhan Lembar Lombok. Waktu tempuh yang dibutuhkan dalam penyebrangan sekitar kurang lebih 4 jam. Biaya untuk satu kendaraan 120k dan kami sengaja berangkat malam supaya tiba di Lombok pagi hari.

Setelah sampai di pelabuhan Lembar, kami langsung melanjutkan perjalanan ke Gili Trawangan. Dari pelabuhan Lembar ke Gili Trawangan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit lewat jalur pinggir laut. Jalur ini kami pilih supaya bisa mampir istirahat sejenak di Batu Layar. Disini kita bisa menikmati pemandangan yang luar biasa mempesona dan bahkan pantai Senggigi bisa kita lihat dari Batu Layar.

Lombok, Indonesia
Batu Layar

Sebelum sampai di Gili Trawangan, kita menyeberang lagi dari Teluk Kode menggunakan perahu nelayan. Sepeda motor kita titipkan, tapi tidak perlu khawatir disini banyak tempat penitipan motor dengan biaya 10k /24 jam. Oh iya biaya untuk nyeberang ke Gili Trawangan 15k /orang. Ketika sampai di Gili Trawangan, kita langsung disuguhi pemandangan yang memanjakan mata. Disni kita tidak akan menemukan sepeda motor bahkan mobil yang lalu lalang jadi bebas polusi. Kalau mau sewa kendaraan, disini cuma disediakan penyewaaan sepeda dan dokar untuk bisa keliling menikmati keindahan Gili Trawangan. Penginapan disini tergolong murah mulai dari 100k /malam sudah termasuk breakfast.

Gili Trawangan
Gili Trawangan

Keesokan harinya kami menuju tujuan berikutnya kita mau mengeksplore daerah Lombok selatan yaitu pantai Kuta (bukan di Bali) dan tanjung Aan. Di pantai Kuta kami tidak lama karena cuaca lagi hujan jadi tidak begitu kami nikmati. Kami langsung ke tanjung Aan dan untungnya waktu sampai disini hujannya sudah reda.

Tanjung Aan, Lombok
Tanjung Aan

Hari ke tiga sebelum pulang, kami memanfaatkan waktu untuk snorkeling disekitar Gili Nanggu, Gili Sudak dan Gili Kedis. Berhubung tempatnya dekat dari pelabuhan Lembar selain itu saya sudah pernah kesini sebelumnya maka saya rekomendasikan snorkling disini karena menurut saya daerah ini merupakan salah satu daerah favorit snorkling di Lombok. Selain pemandangan bawah lautnya yang indah, pemandangan disekitarnya juga luar biasa indah. Saya jamin tidak akan menyesal kalau kesini. Sewa perahu nelayan 600K untuk 8 orang pergi pulang karena ada teman yang sudah teruji dalam hal negosiasi maka sewa perahunya cuma 400k (mungkin harganya memang segitu haha). Untuk peralatan snorkling 20k /orang sudah lengkap. Setelah puas keliling snorkeling disekitar pulau, kami pun pulang untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Bali karena keesokan harinya kami harus kerja keras lagi ngumpulin modal buat jalan-jalan berikutnya 😂.

Gili Kedis, Lombok
Jurus Bebas :))

Author Bio

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply