Lainnya

Sumpah Pemuda

28/10/2018

Siapa sih yang tidak tahu “Sumpah Pemuda”? Pasti semuanya sudah pada tahu dan pernah memperingati hari Sumpah Pemuda. Tepat 90 tahun yang lalu, lebih tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928 para Pemuda mengikrarkan semangat yang menegaskan cita-cita akan berdirinya negara kita tercinta “Indonesia”.

Sumpah Pemuda merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia dimana hal tersebut adalah hasil dari kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Dari keputusan tersebut menegaskan cita-cita akan adanya Tanah Air Indonesia, Bangsa Indonesia dan Bahasa Indonesia. Adapun teks Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut:

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Saya teringat kata-kata Presiden Soekarno yang tidak pernah hilang yaitu “Berikan aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikan aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Begitu besar peran para Pemuda dalam berbagai perubahan dan perkembangan Indonesia mulai dari zaman dahulu sampai zaman now.

Selamat hari “SUMPAH PEMUDA” buat para Pemuda Indonesia dimanapun berada. Semoga kita tetap semangat dalam menjaga persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.

Author Bio

Andi Nurfauzan

I am Buginese

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply