Bahaya Makanan Terlalu Lama di Kulkas

Dalam keseharian, kita pasti sering memiliki sisa makanan yang sayang untuk dibuang, salah satunya karena kita ingin berhemat. Solusi yang selalu kita terapkan pada makanan-makanan sisa itu biasanya adalah menyimpannya di dalam kulkas. Tentunya juga kulkas hemat energi, ya! Namun begitu, karena kesibukan yang ada, kita sering lupa dengan sisa makanan yang kita simpan itu, sehingga membiarkannya dalam jangka waktu yang lama di dalam kulkas.

Menyimpan makanan terlalu lama di dalam kulkas jelas bukan hal yang baik. Terlalu lama di dalam kulkas juga akan menimbulkan risiko makanan menjadi busuk serta melahirkan banyak bakteri. Bakteri yang berkembang biak di dalam kulkas tersebut juga akan mengkontaminasi makanan lain. Sialnya, bakteri berbahaya ini terkadang tidak mengubah rasa, bau, atau tampilan dari makanan. Hal tersebut membuat kita sulit untuk mengetahui apakah makanan itu masih aman untuk dimakan atau tidak.

Untuk meningkatkan keamanan makanan yang disimpan di kulkas, kita bisa memasukkannya ke dalam freezer. Pembekuan dapat menekan penyebaran racun di makanan dan mencegahnya menjadi busuk. Kemudian, ketika kita ingin memakan makanan tersebut, hendaklah memanaskannya terlebih dahulu. Bisa dilakukan menggunakan kompor, oven atau microwave. Pastikan semua komponen dalam makanan mendapat suhu panas yang pas dan merata karena jika tidak, dikhawatirkan bakteri yang ada di dalamnya juga akan kembali berkembang biak.

Terlepas dari itu semua, kita memang harus rajin untuk selalu mengecek apa saja yang ada di dalam kulkas. Menyortir makanan mana yang masih layak disimpan dan makanan mana yang harus dibuang. Jangan sampai karena keinginan untuk berhemat, malah menimbulkan masalah baru bagi kita. Masalah kesehatan, tentu kita akan rugi dua kali lipat, bukan?

Selain beberapa hal di atas, produk lemari es anti bau dan bakteri yang sekarang sudah ada di pasaran juga wajib kita miliki agar perlindungan terhadap makanan yang kita simpan semakin kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *