Berbagai Jenis Prospek Untuk Alumni Jurusan HI, Profesinya Kece Badai Loh!

Jurusan Hubungan Internasional menjadi salah satu jurusan yang ditawarkan banyak universitas, mungkin kamu juga bisa menemukannya dalam sistem kuliah online. Jurusan satu ini masuk kategori jurusan elite, meskipun peminatnya sendiri masih terbilang sedikit jika dibandingkan dengan jurusan populer lainnya.

Sumber gambar: pixabay

Jika dilihat dari segi prospek, ada banyak profesi menarik yang ditawarkan untuk alumni jurusan satu ini di antaranya:

Konsultan internasional

Bidang pekerjaan satu ini bukan hanya sebagai penasehat saja, namun juga sebagai pemerhati serta pendamping klien yang biasanya berasal dari berbagai negara. Dalam pelaksanaannya, seorang konsultan internasional akan dihadapkan dengan berbagai rintangan (seperti bahasa, kepercayaan diri, sampai pada kemampuan dalam memahami isu-isu politik yang tengah terjadi).

Karenanya agar bisa melaksanakan tugas dengan baik, seorang konsultan internasional harus bisa menjalin komunikasi dan masukan yang bijak. Dengan begitu, masalah yang dihadapi bisa terselesaikan dengan baik.

Politikus

Ada banyak sekali orang yang mengincar profesi satu ini, pasalnya menjadi seorang politikus memiliki banyak keuntungan. Seorang politikus mengemban amanah yang cukup berat dari masyarakat, oa harus bisa bersikap jujur, handal, kompeten di bidangnya, dan tentunya amanah terhadap janji yang diucapkan. Berbagai posisi untuk politikus tentunya sangat beragam, tergantung dari masing-masing orang serta kemampuan yang dimiliki.

Alumni kelas karyawan jurusan hubungan internasional memiliki peluang besar untuk meniti karir sebagai seorang politikus, pasalnya berbagai studi yang dipelajari tidak jauh dari ilmu politik.

Government Relation Officer

Alumni HI memiliki peluang besar untuk bekerja sebagai government relation officer, yakni salah satu profesi yang biasanya ada di perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia. Jenis pekerjaannya sendiri yakni menghubungkan client (tempat government relation officer), dengan pihak pemerintah.

Bagian ini memiliki tugas untuk melakukan diskusi dengan para politisi di berbagai tingkatan pemerintah. Tujuannya agar dapat mempengaruhi legislatif dalam pembuatan kebijakan perihal bisnis klien, selain itu bisa juga untuk meminta dana dari pemerintah.

Diplomat

Mahasiswa kuliah online jurusan HI memiliki peluang besar untuk menjadi seorang diplomat. Profesi diplomat menjadi salah satu impian alumni jurusan HI, pasalnya profesi ini menawarkan berbagai keunggulan salah satunya bisa tinggal di luar negeri dan kisaran gaji yang begitu menggiurkan.

Seorang diplomat memiliki tugas untuk melakukan negosiasi, karenanya profesi ini membutuhkan Kemampuan seni dan praktek negosiasi yang baik. Seorang diplomat harus bisa melakukan diplomasi, tentunya dalam skala internasional. Kegiatan diplomasi yang dilakukan sangat beragam, mulai dari diplomasi perihal budaya, perdagangan, maupun ekonomi.

Berbagai perjanjian internasional umumnya dirundingkan oleh para diplomat, sebelum akhirnya disetujui oleh pembesar negara. Seorang diplomat memiliki lima tugas umum, yakni representing, promoting, protecting, negotiating, dan reporting.

International officer

Bagi yang mengikuti kelas karyawan jurusan Hubungan Internasional, memiliki peluang besar bekerja di International officer. Alumni jurusan ini memiliki peluang besar untuk bekerja di instansi internasional, sebut saja kedutaan besar maupun kementerian luar Negeri.

Untuk masalah gaji sendiri, sesuai dengan namanya profesi tersebut menawarkan fee yang cukup besar bahkan untuk karyawan pemula sekalipun. Bekerja di international officer tentunya memiliki keuntungan tersendiri.

Peneliti

Bagi yang menyukai misteri terutama yang berhubungan dengan dunia politik, tentunya profesi peneliti untuk alumni jurusan HI sangat direkomendasikan. Meski Bukan kategori profesi impian jurusan Hubungan Internasional, namun Tidak ada salahnya mencoba meniti karir sebagai peneliti. Berbagai jenis penelitian bisa dilakukan oleh alumni jurusan HI, tentunya dalam skala internasional seperti perihal kebudayaan, politik, dan hubungan internasional antar negara.

Anggota DPR

Seperti yang telah disinggung, bahwa alumni jurusan HI memiliki peluang besar dalam dunia politik. Mahasiswa yang lulus dari jurusan ini bisa bekerja sebagai tenaga ahli alat kelengkapan DPR RI, khususnya untuk komisi 1 (bidang pertahanan, informasi, dan luar negeri).

Tenaga ahli memiliki tugas untuk membantu anggota DPR dalam melakukan rapat komisi, menganalisis daerah pemilihan anggota DPR tersebut, menyusun telaah, dan berbagai hal yang berkaitan dengan bidang legislasi dan pengawasan. Untuk menjaga tenaga ahli anggota DPR, berbagai syarat dan ketentuan harus dipenuhi.

Selain berbagai profesi di atas, alumni jurusan Hubungan Internasional juga memiliki peluang yang besar untuk menjadi seorang pengusaha, dosen, jurnalis, atau bahkan menjadi seorang penulis (dengan tema yang disesuaikan). Jurusan satu ini memang terkenal sebagai salah satu jurusan elite, pasalnya prospek kerjanya setelah lulus kebanyakan berkecimpung dalam dunia politik (dikenal sebagai profesi elite).

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan namun terkendala masalah waktu, saat ini banyak universitas yang menawarkan program kuliah online. Meski jurusan yang ditawarkan terbilang terbatas, namun setiap universitas menawarkan beragam jurusan yang bisa dipilih. Mungkin salah satu Universitas menawarkan jurusan Hubungan Internasional dengan metode kuliah sistem online ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *