Cara Jitu Dapat Kerja untuk Fresh Graduates

Fresh graduates atau lulusan baru sering bergumul dengan dilema abadi tentang bagaimana mereka bisa mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman kerja sebelumnya? Sementara banyak perusahaan yang menyertakan persyaratan paling tidak sudah memiliki pengalaman pekerjaan atau setidaknya sudah memiliki pengalaman yang relevan tanpa memiliki pekerjaan di tempat pertama.

Dibalik kegundahan itu semua, kabar baiknya adalah bahwa pertumbuhan ekonomi saat ini sebagian besar didorong oleh digitalisasi dan keberlanjutan. Kaum muda yang mendominasi fresh graduates lebih dari siap untuk masa depan pekerjaan. Jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya, kamu harus lebih fokus pada apa yang dapat kamu bawa ke meja HRD dan bagaimana kamu dapat menambah nilai bagi perusahaan yang kamu inginkan. Itulah cara mudah dapat kerja untuk fresh graduates.

Kamu juga bisa loh berselancar di dunia maya untuk mendapatkan lebih banyak tips mengenai hal tersebut, banyak artikel yang ditulis dengan pengalaman sehingga kamu bisa mempercayainya, contohnya adalah artikel berikut  yang dapat menambah insight baru untuk kamu.

https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/karir-bisnis/tips-untuk-mendapatkan-pekerjaan-setelah-lulus/

Nah, membahas mengenai apa yang dapat kamu “bawa” tanpa pengalaman untuk mendapatkan pekerjaan, kami akan memberikan sedikit tips mendapatkan pekerjaan tersebut:

  1. Pikirkan tentang apa yang dicari oleh perusaan yang kamu inginkan.

    Sebagai lulusan baru adalah normal untuk merasa bahwa kamu tidak memiliki cukup kredensial atau pengalaman untuk dibicarakan di CV  atau selama wawancara kerja. Namun, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan peluang mendapatkan kerja baru dan menarik;
    – Sorot prestasi akademikmu di resume (CV)
    – Miliki ringkasan resume dan buatlah singkat
    – Sorot keterampilan sebagai kata kunci dalam resume
    – Bicara tentang bagaimana cara kerjamu dapat memengaruhi tempat kerja.
  2. Soroti pencapaian yang relevan dengan perusahaan Anda di masa depan.

    Berfokuslah untuk mengilustrasikan contoh di mana kamu telah menunjukkan keterampilan yang penting dan dibutuhkan bagi perusahaan kamu di masa depan, seperti kemampuan memecahkan masalah, memperhatikan detail, atau memiliki ketajaman komersial yang kuat.  Kamu bisa mempelajari lebih lengkap tentang ini pada link berikut, dijamin kamu akan mendapatkan banyak persiapan setelah membaca artikel berikut, jangan lupa untuk share juga ke temanmu ya!

https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/karir-bisnis/tips-untuk-mendapatkan-pekerjaan-setelah-lulus/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *