Menjadi Pengusaha atau Karyawan?

Sudah bertahun-tahun lulus kuliah tapi belum dapat pekerjaan? Ada sih yang menerima lamaran Anda tapi gaji yang ditawarkan kecil? Kenapa si A cepat banget sih dapat kerja, sedangkan si B malah sebaliknya?

Kesal rasanya kalau berkontemplasi mengenai penghasilan sehari-hari untuk penunjang hidup namun malah berakhir pada pesimisme, padahal optimisme katanya bisa membuka peluang-peluang lebih banyak.

Pengen jadi pengusaha saja, tapi terkendala modal. Ingin jadi karyawan, tapi kok mentok sampai di tes wawancara saja.

Mungkin ada baiknya kita membandingkan kelebihannya masing-masinga.

Kelebihan Menjadi Pengusaha, antara lain:

  1. Tidak Ada Atasan/Pimpinan;
    Menjadi Pengusaha membuat kita tidak perlu berada di bawah tekanan atasan, entah karena adanya tenggat waktu atau kesalahan dalam menyelesaikan pekerjaan. Jadi, bagi Anda yang tak suka diatur atau diperintah oleh orang lain, mungkin akan cocok jika menjadi Pengusaha.
  2. Bebas Waktu;
    Tidak ada keterikatan waktu kerja menjadikan Pengusaha tidak terpaku pada jam kerja 8 pagi hingga 5 sore. Pengusaha bisa sendiri mengatur berapa jam ia bekerja dalam sehari, namun akan mempengaruhi penghasilan juga. Setidaknya menjadi Pengusaha, pilihan dalam mengatur waktu kerja berada di tangannya.
  3. Penghasilan sesuai Kinerja;
    Kalau malas, penghasilan akan stagnan bahkan merugi. Jika kinerja baik, maka penghasilan juga naik. Pengusaha menentukan sendiri target penghasilannya dan perlu usaha lebih jika ingin penghasilannya stabil.

Kelebihan Menjadi Karyawan, antara lain:

  1. Penghasilannya rutin;
    Setiap bulan mendapatkan gaji membuat kita merasa aman secara finansial karena adanya penghasilan yang rutin. Tidak perlu takut akan hari esok karena adanya kepastian gaji rutin tersebut.
  2. Jam kerja yang pasti;
    Bagi yang suka rutitinas dan kepastian dalam keteraturan waktu, menjadi karyawan bisa menjadi pilihan. Jam kerja diatur sedemikian rupa dan berulang setiap hari. Jadi, di luar jam kerja bisa merencanakan hal lain seperti melakukan hobi atau berkumpul Bersama keluarga atat teman.
  3. Adanya asuransi;
    Salah satu kelebihan menjadi karyawan karena pemilik perusahaan wajib mendaftarkan karyawannya ke dalam asuransi, salah satunya ke BPJS Ketenagakerjaan. Bagi kamu yang tergolong karyawan dan sudah terdaftar asuransi oleh perusahannya, Cara Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan di Sini!

Demikian penjelasan mengenai kelebihan menjadi pengusaha dan karyawan. Anda bisa memilih sesuai karakter pribadi masing-masing. Goodluck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *