Pahami Hal Berikut Sebelum Melakukan Kredit Mobil

Membeli mobil secara kredit memang terasa mudah karena Anda bisa mendapatkan mobil yang diinginkan hanya dengan membayar uang muka terlebih dahulu. Namun ada kalanya kredit mobil sangat memberatkan lantaran cicilan per bulannya yang tidak murah.

Maka, penting sekali untuk memahami seluk beluk kredit mobil agar lebih siap dan tidak merasa terbebani. Berikut ada beberapa hal yang wajib Anda pahami sebelum melakukan kredit mobil.

Pastikan Anda lolos BI Check

Ini adalah hal pertama yang perlu diperhatikan. BI mempunyai sistem pendataan yang ketat untuk mengenali orang yang menggunakan leasing atau kredit bank. Untuk bisa lolos dari BI Check ini, calon pembeli wajib melunasi kredit macet seperti tunggakan kartu kredit. Karena jika dibiarkan, akan membuat Anda masuk ke blacklist BI sehingga tidak bisa mengajukan kredit apapun.

Pahami kekurangan dan kelebihan kredit via leasing atau bank

Saat mengajukan kredit kendaraan bermotor, Anda akan dihadapkan oleh dua pilihan, yaitu melalui leasing atau bank. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda kredit melalui bank, kelebihannya ada pada suku bunga yang lebih rendah dibanding leasing. Namun Anda perlu melewati proses yang tidak mudah dan belum tentu disetujui bank.

Sedangkan jika kredit melalui leasing, Anda akan dilayani sepenuhnya mulai dari menyiapkan dokumen hingga antar jemput ke rumah dengan pengajuan yang lebih cepat. Namun kekurangannya adalah bunganya yang terlalu tinggi jika dibandingkan dengan bank. Terdapat pula biaya-biaya lain yang harus dipenuhi. Jadi apapun pilihan Anda, sebaiknya pelajari dahulu mana yang lebih cocok.

Membeli mobil baru vs mobil bekas

Membeli mobil baru pasti kondisinya terjamin 100% dan tanpa ada ketakutan ada kerusakan. Namun jika dilihat dari harga, tentu cukup mahal. Sedangkan jika memilih mobil bekas, ada perasaan deg-degan karena takut ada kerusakan di dalamnya. Namun dari sisi harga, jauh lebih murah.

Sebenarnya tidak selamanya membeli mobil bekas akan mengecewakan. Karena banyak pembeli mobil bekas yang mendapati keadaan kilometer rendah dengan kondisi mobil yang mulus. Hal ini biasanya karena pemilik sebelumnya rutin melakukan perawatan. Untuk memutuskan pembelian, sebaiknya pilih yang benar-benar sesuai kebutuhan dengan tentunya melihat anggaran yang ada.

Perhatikan uang muka dan cicilan ke depan

DP mobil beserta cicilannya perlu diperhatikan ketika berniat untuk membeli mobil kredit. Pastikan Anda sanggup untuk membayar uang muka hingga ke cicilan per bulannya. Jangan sampai terlalu memberatkan sehingga akan menjadi hutang yang menumpuk. Biasanya uang muka paling rendah sekitar 25%. Jika ingin cicilan per bulannya lebih kecil, calon pembeli bisa memberi uang muka dengan angka yang lebih besar. Cara ini sebetulnya cukup efisien jika memiliki uang lebih.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli mobil apapun dengan segala kemudahannya, kunjungi website SEVA. SEVA menawarkan fitur kalkulator pembiayaan yang dapat mensimulasikan pembelian kendaraan sebagai bahan pertimbangan Anda untuk di masa depan. Tak hanya itu, SEVA juga memiliki Fitur Instant Approval yang dapat membantu calon pembeli untuk memeriksa kondisi finansial sebelum memilih mobil sesuai dengan kemampuan.

Selain itu, SEVA juga menawarkan berbagai keuntungan yang menarik. Seperti pilihan bunga 0% atau DP 15% untuk pembelian beberapa mobil Toyota, cashback Rp 1 juta untuk pembelian mobil dengan pembiayaan kredit, dan gratis asuransi Garda Health Tech hingga Rp 3,2 juta. Tak hanya itu, SEVA juga siap melindungi dengan asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga senilai 10 juta dan diskon spesial lainnya.

Beli mobil yang terbaik, hanya di SEVA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *