Kesehatan

Waspada Demam Berdarah di Musim Penghujan! Inilah Tanda-tandanya!

02/04/2019

Di musim penghujan ini, selokan yang tidak mengalir sangat mudah dipakai sebagai sarang nyamuk termasuk nyamuk pembawa penyakit demam berdarah. Aedes Aegepty adalah nyamuk yang dapat menularkan penyakit demam berdarah dengue dan bisa menggigit manusia baik di siang maupun malam hari.

Sarang nyamuk ini banyak terdapat di genangan air yang tidak mengalir sehingga musim penghujan di lingkungan yang kurang bersih menjadi faktor penyebab tingginya kasus demam berdarah. Salah satu bahaya penyakit ini adalah menurunnya kadar trombosit pada tubuh yang dapat menyebabkan pendarahan dalam.

Demam berdarah ditandai dengan timbulnya demam tubuh hingga menggigil dan mengigau. Seseorang yang terkena demam berdarah juga bisa memiliki gejala mual muntah hingga batuk pilek akibat sistem kekebalan tubuhnya yang semakin menurun. Gejala lain sudah semakin parahnya status demam berdarah adalah menghitamnya tinja akibat pendarahan dalam.

Hal ini disebabkan karena kadar trombosit tubuh menurun yang juga bisa dilihat dari timbulnya bercak hitam di bawah kulit. Jika sudah terjadi gejala tersebut, berikan pasien makanan yang dapat meningkatkan trombosit pada demam berdarah seperti jambu air, angkak dan sayuran berzat besi. Transfusi darah juga bisa menjadi alternatif saat kadar trombosit sudah berada di batas yang cukup mengkhawatirkan.

Pasien demam berdarah sebaiknya segera di periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan lebih intensif. Pasalnya pasien bisa mengalami demam tinggi sehingga butuh penanganan cepat untuk menurunkan demamnya, apalagi untuk pasien anak-anak. Selain demam, mual dan muntah juga kerap menjadi gejala demam berdarah pada anak karena adanya rasa tidak nyaman di bagian perut. Mual muntah ini akan mengganggu penyerapan obat dan makanan yang justru penting untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Karenanya resep juga dapat mengandung obat mual muntah yang aman buat anak yang diberikan sebelum makan dan konsumsi obat lainnya. Demam berdarah umumnya akan mereda setelah mendapatkan perawatan selama 7 hingga 10 hari dengan obat-obatan yang lengkap. Setelah pasien diperbolehkan pulang ke rumah, jangan lupa untuk terlebih dahulu membersihkan lingkungan terutama selokan air dan gantungan pakaian agar demam berdarah tak lagi terjadi di rumah dan lingkungan tersebut.

Author Bio

Andi Nurfauzan

I am Buginese

No Comments

Leave a Reply